Sabtu, 24 Maret 2012

Memiliki DVD-Drive di netbook 10-12 inch


DVD Rom Laptop
Karena saya pengguna netbook , saya ingin share ke anda bagaimana caranya agar kita berasa punya dvd rom tanpa DVD external tentunya , yaitu memanfaat file image iso / bin / img / nrg, dll .. dan saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat dan menggunakannya .. 

1. Anda harus punya software untuk membuat dan me-mount file iso , disini saya menggunakan ultra iso karena memang saya suka , software ini berbayar tapi saya beruntung menemukan ini di jalan . :D . untuk software pembuat file iso bisa menggunakan nero, dan untuk mount-nya bisa menggunakan daemon-tools, kedua software itu tidak di bahas disini , selain yang saya sebutkan diatas juga banyak software2 sejenis yang mungkin memberikan fitur yang lebih canggih . silahkan googling dengan keyword "iso mount software "
dan cara instalasinya di sini 

2. Media yang akan di-image-kan .. seperti dvd film , games , atau yang lainnya .

3. Langkah 2 pembuatan seperti pada gambar2 di bawah ini :

a . Buka Ultra iso dari desktop PC dan masukan CD / DVD yang akan dibuat menjadi file ISO .

















b. Pilih make CD/DVD image

















c. Pastikan anda melihat judul CD/DVD yang anda masukan di nama drivenya
d. Tentukan tempat anda akan menyimpan hasil ISO tsb
e. Klik make untuk melanjutkan proses pembuatan dan jendela progress akan menunjukan proses .

















f. Contoh file hasil pembuatan ISO file




4 . Setelah selesai membuat tentunya anda ingin menikmati hasil yang telah anda buat , berikut langkah2 me-mount file iso anda .

a. Klik kanan pada file iso , pilih ultraISO , pilih Mount to drive .















b. Buka my computer .. lihat di CD drive anda , sudah ada file yang terbaca sebagai CD layaknya CD biasa
















c. Untuk menutup atau me-unmount Cd drive hasil mount tsb , anda dapt meng-Klik kanan di CD drive yang hendak ditutup lalu pilih eject layaknya CD biasa .

















Sekian langkah langkah yang bisa saya berikan,
sekedar info saja CD/DVD hasil mount tsb tidak bisa untuk proses instalasi sistem operasi seperti linux atau windows , namun anda dapat menggunakan USB flashdisk untuk menginstallnya . 
Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Total Tayangan Halaman